Contoh Proposal Usaha Kewirausahaan usaha makanan donat SMK

 Tugas Proposal Usaha Kewirausahaan usaha makanan donat SMK

 

PROPOSAL USAHA

DONAT PRAMRIS”

 

                                                        Ditujukan Kepada :

                                         Guru Pembimbing Kewirausahaan                                                          

                                           SMKN 11 KAB.TANGERANG

 

 

                                                           Disusun Oleh :

                                  Nama            :  ANISA RUSLIHA

                                  Kelas            :  XII.TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan dengan baik dan tepat waktu.

Proposal kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan. Disamping itu proposal ini dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaannya. Tidak lupa pada kesempatan ini saya haturkan rasa terima kasih kepada :

1.      Ibu Nining,S.Pd selaku guru kewirausahaan sekaligus sebagai pembimbing penyusunan laporan.

2.       Orangtua saya yang selalu memberikan dukungan serta doa untuk saya

3. Teman – teman saya yang telah memberikan motivasi dan dukungan dalam pembuatan proposal usaha ini

4.       Semua pihak yang membantu menyelesaikan penyusunan proposal kegiatan usaha ini.

Saya menyadari masih ada kekurangan dalam penyajian proposal kegiatan usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan proposal serta usaha yang dijalankan.

Semoga proposal kegiatan usaha ini bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.

 

 

 

 

 

 

                                                                                   Tangerang, 9  Maret 2016

Penulis

 

 

                                                                                                                         Anisa  Rusliha

 

 

                                                       DAFTAR ISI

 

       Halaman Judul ..........................................................................................................................1

       Kata Pengantar  .........................................................................................................................2

       Halaman Pengesahan ................................................................................................................3

       Daftar Isi ...................................................................................................................................4

       BAB I     PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha  ........................................................5

B.     Ruang Lingkup Usaha ..........................................................................................6

C.    Visi dan Misi Perusahaan………………………………………………………….

D.    Analisis SWOT…………………………………………………………………….

E.     Jadwal Kegiatan………………………………………………………...................

       BAB II   TINJAUAN UMUM

A.   Aspek  Manajemen Usaha

1. Nama Perusahaan ......................................................................................................7

2. Lokasi Usaha  ............................................................................................................7

            3. Struktur Organisasi ....................................................................................................8

            4. Bentuk Badan Usaha .................................................................................................8

B.   Aspek Produksi

1. Nama Produk ...........................................................................................................11

2. Bahan Produk ..........................................................................................................14

3. Peralatan  .................................................................................................................16

4. Proses Produksi .......................................................................................................18

            5. Biaya Produksi ………………………………………………………………………

           C.   Aspek Permodalan

           1. Sumber Modal……………………………………………………………………...…

           2. Proyeksi Sumber Modal……………………………………………………………....

           3. Cash Flow……………………………………………………………………………..

           4. Laporan Rugi / Laba…………………………………………………………………..

           5. Laporan Neraca…………………………………………………………………...…..

           6. Laporan Perubahan Modal……………………………………………………………

           D.   Aspek Pemasaran

           1. Marketing Mix………………………………………………………………..……….

 BAB III PENUTUP……………………………………………………………………………

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

A.     LATAR BELAKANG PEMBUATAN PROPOSAL USAHA

              Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerjasama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang penting, yaitu:

A.     Alasan Edukasi

a)       Proposal ini merupakan syarat untuk mengikuti ujian praktek kewirausahaan.

b)      Untuk mengukur kemampuan siswa untuk berwirausaha

B.     Alasan Bisnis

a)       Merupakan persyaratan wirausahawan sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.

b)      Mengundang orang-orang yang potensial untuk bergabung dan bekerjasama

c)       Mengatur pembentukan kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.

d)      Menjamin adanya fokus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan.

 

 B. ALASAN MEMILIH USAHA

 

            Kami memilih usaha ini karena proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru mendirikan usaha baru. Selain itu usaha donat ini banyak pengusaha lain yang meminati usaha ini sehingga para pengusaha lainya berlomba-lomba mempromosikan donat dengan harga paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin dari segi apapun dengan untung yang didapat masih relative kecil.

Saya berbeda dengan menawarkan produk yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas dan brand produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda. Maka saya telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar usaha ini semakin maju dan berkembang.

 

 

 

 

C. VISI DAN MISI PERUSAHAAN

 

   VISI

Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.

 

    MISI

 

1. Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen

2. Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini

3.Mengembangkan makanan dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat  menengah  keatas

4. Kreatif dan Inovatif dalam membuat rasa atau model bentuk donat yang baru

5.Teliti dalam berusaha,menciptakan daya tarik baru makanan berkelas,dengan menjamin  mutu,kualitas dan kuantitas produk

 

 TUJUAN

Melalui hal ini saya berusaha untuk:

1. Belajar dan mencari pengalaman berwirausaha

2. Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan

3. Memenuhi kebutuhan masyarakat

4. Menanggulangi pengangguran sejak dini

 

D. ANALISA SWOT

 

a.      Strength (Keunggulan)

1.       Produk mudah dipasarkan

2.       Cita rasa produk yang khas

3.       Harga termasuk murah 

4.    Bentuk panganan yang menarik dan berbeda beda

b.      Weakness (Kelemahan)

1.   Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas enak, lezat, bergizi 

2.   Kerugian akibat barang rusak

3.   Kurangnya karyawan dalam produksi

c.       Opprtunity (Peluang)

1.  Banyak orang tua ataupun anak-anaak yang menyukai makanan donat yang lembut

2.  Proses distribusi mudah

3.  Sudah memiliki relasi usaha dalam bidang distribusi atau took

            4. Masyarakat yang kini lebih pintar dan modern yang lebih mementingkan kualitas                                      produk dari pada harga yang murah

            5. Gaya/Trend masyarakat modern yang tidak mau ketinggalan jaman buat

mencoba/membeli sesuatu

 

d.      Treatment (Ancaman)

1.   Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dangan harga setara.

e.       Kesimpulan

Bahwa usaha tersebut layak dilakukan dengan perbandingan S + O = 5 dan W + T = 2

 

E. JADWAL KEGIATAN

 

NO

HARI

KEGIATAN

PENANGGUNG JAWAB

1

Senin - Kamis

Memproduksi dan Mendistribusikan

Semua Anggota

2

Jum’at

Libur

Semua Anggota

3

Sabtu - Minggu

 Memproduksi dan Menjual

Semua Anggota

 

 

Uraian Program Kerja

Tanggal

Mulai

Tanggal selesai

Penanggung jawab

Penentu Jenis Usaha

01-10-2013

02-10-2013

Semua Anggota

Menyusun Bussines Plan

03-10-2013

07-10-2013

Semua Anggota

Menyusun Anggaran Biaya

08-10-2013

12-10-2013

Semua Anggota

Melakukan Proses Pemasaran

13-10-2013

20-10-2013

Semua Anggota

 

 

 

 

BAB II

TINJAUAN UMUM

 

A.     ASPEK MANAJEMEN USAHA

1.       Rangkuman Eksekutif

Manajemen Pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai semua tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Fungsi manajemen pemasaran untuk menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh keuntungan untuk mendapat peluang usaha.

2.       Sasaran Usaha

Sasaran utama (pelanggan) dari bisnis ini adalah semua masyarakat. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.  

3.       Manajemen

Usaha ini keluarga kami yang mengelola dan kami mengajak kerjasama para tetangga serta saudara yang dapat diandalkan dalam bisnis ini.  

 

NAMA PERUSAHAAN

 

Usaha yang saya jalankan bergerak dibidang produksi dan pemasaran makanan ringan. Usaha ini saya beri nama “ PRAMRIS “ . Alasan saya memilih nama ini karena saya mengambil dari nama saya sendiri yaitu “Pram” dan kata “Ris” yaitu berasal dari kata Laris yang dimaksutkan agar usaha yang saya jalankan ini banyak peminat dan pembeli yang menyukai produk hasil usaha saya  

 

LOKASI USAHA

 

  Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting terhadap kelangsungan dan perkembangan usaha itu sendiri, untuk itu dalam pemilihan dan penentuan usaha perlu berhati-hati dan harus disesuaikan dengan usaha yang dijalankan berjalan lancar dan kelangsungan usaha terjamin. Usaha ini bertempat di KP.Bakung RT.12/03.

 

 

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi yaitu suatu bagan yang disusun untuk mempermudah dan mengetahui gambar secara sistematis mengenai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam suatu struktur organisasi nantinya kita akan mengetahui sistem manajemen dari organisasi tersebut kemudian dengan struktur organisasi itu akan lebih mudah melakukan koordinasi dan mengetahui tugas masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari struktur organisasi tersebut dapat dijelaskan bahwa pimpinan memegang kendali perusahaan, kemudian untuk melaksanakan usahanya dibantu oleh tenaga kerja dan bendahara atau administrasi.

Kewajiban dan tanggungjawab setiap bagian:

-          Pemimpin usaha

Bertanggungjawab penuh atas segala sesuatu yang terjadi dan berlangsung dalam proses usaha.

-          Administrasi

Mengurusi masalah keluar masuknya uang

-          Tenaga kerja

Ÿ  Mengerjakan semua proses produksi

Ÿ  Memasarkan barang dagangan

Ÿ  Mematuhi peraturan dari pimpinan

Ÿ  Mengerjakan proses memasak makanan usaha

 

BENTUK BADAN USAHA

 

Bentuk badan usaha yang saya ddirikan adalah bentuk badan usaha perseorangan. Saya memilih bentuk badan usaha perseorangan karena lebih efisien dalam bentuk laba maupun dalam bekerja

Badan usaha yang saya dirikan ini bergerak dalam bidang kuliner

 

B. ASPEK PRODUKSI

Kegiatan yang menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru. Dalam masalah ini atau menjelaskan mengenai jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong proses produksi

 

 

NAMA PRODUK

Nama produk adalah nama yang diberikan kepada suatu barang dagangan yang fungsinya untuk mengetahui nama panganan tersebut dan barang dapat di ingat lewat nama yang diberikan tersebut. Nama produk pudding ini adalah “ PRAMRIS DONAT “. Diharapkan konsumen dapat mengungat apa yang mereka makan dan brand ini diharapkan sebagai keeberuntungan bagi saya. Nama ini saya ambil dari nama perusahaan saya yaitu PramRis.

   

BAHAN BAKU PRODUKSI

Usaha yang saya jalankan ini berupa pembuatan distribusi dan penjualan “DONAT”.

Dalam proses produksi ini membutuhkan bahan, antara lain :

                                                            1.      Tepung Terigu

                                                            2.      Telur

                                                            3.      Mentega

                                                            4.      Gula Pasir

                                                            5.      Ragi

                                                            6.      Garam

                                                            7.      Air Mineral

 

Sehingga perlu dilakukan proses pengolahan lebih lanjut untuk menjadi “DONAT” siap jual dan telah dikemas secara rapi dan siap disajikan

PERALATAN

Peralatan adaalah alat yang digunakan untuk memproduksi produk yang saya produksi. Berikut adalah beberapa peralatan yang saya butuhkan dalam memproduksi donat

1.      Kompor Gas

2.      Panci dan Pengaduk

3.      Cetakan donat beraneka bentuk

4.      Plastik mika atau plstik bening

5.      Label

6.      Nampan atau Loyang

 

 

 

 

PROSES PRODUKSI

Berikut ini saya akan menguraikan proses produksi pembuatan dan penjualan DONAT :

Pembuatan serta kemasaan sebagai berikut :

1. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.

2. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.

3. Pipihkan adonan dan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.

4. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat dan tiriskan.

5. Celup ke cokelat masak pekat leleh. Tabur meises.

Tahap selanjutnya yaitu kemasan, cara mengemas Donat sangat mudah, Donat yang telah di celup ke cokelat masak pekat leleh dan di taburi meises dimasukkan kedalam plastik kemasan lalu yang sudah diberi logo.

 

BIAYA PRODUKSI

Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi

Pengeluaran biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai berikut :

Biaya bahan baku Donat                                      : Rp. 750.000,-

Biaya kemasan dan Pembuatan : Rp. 250.000,-   +

 

Jumlah biaya                                            : Rp. 1.000.000,-

Setiap satu kali produksi selama seminggu saya dapat memproduksi 1000 buah donat. Jadi setiap buah saya perkirakan dari awal sampai akhir proses pembuatan menghabiskan biaya sebesar Rp. 1.000 ,-

 

LOKASI PRODUKSI

Usaha ini bertempat di KP.Bakung RT 12/03.

 

 

 

 

 

 

 

C. ASPEK PERMODALAN

 

KEUANGAN

Keuangan merupakan rincian dari biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi, cashflow (1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah rinciannya:

SUMBER MODAL

           Modal adalah kolektivitas dari barang-barang yang ada dalam proses produksi. Modal adalah suatu yang sangat penting untuk mendirikan usaha.

Untuk usaha ini saya memakai 2 sumber modal yaitu dari modal sendiri dan modal luar. Saya mempunyai modal sendiri sebesar 1.000.000,- Saya juga meminjam modal dari Bank Mandiri Syariah sebanyak Rp. 6.000.000,-

 

Sumber Modal Investasi

Pada tahap pertama menekankan penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien:

Uraian

Jumlah

Modal sendiri

Rp. 1.000.000

Modal pembuatan produk

Rp.   150.000

Kemasan

Rp.   100.000

Tepung Terigu

Rp.   200.000

Gula

Rp.   150.000

Telur

Rp.   130.000

Margarin

Rp.   50.000

Ragi

Rp.   100.000

Garam

Rp.    10.000

Gas

Rp.  110.000

Keterangan

Rp.  1.000.000

1000 bungkus

1 bungkus Rp. 1000,-

 

PROYEKSI SUMBER MODAL

Modal sebesar 6.000.000,- direncanakan digunakan untuk pembelian aktiva tetap sebesar 4.000.000,- diwujudkan dalam kas sebesar 3.000.000,-

 

 

NERACA AWAL

PER 1 JANUARI 2016

Aktifa Kewajiban dan Modal

Aktiva lancar

 

Hutang

 

Kas

3.000.000

Hutank Bank

6.000.000

 

0

 

 

 

 

 

 

Aktiva Tetap

 

Modal sendiri

 

Peralatan

4.000.000

Peenyertaan

1.000.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

7.000.000

Jumlah

7.000.000

 

Rencana Penjualan

Mengingat keterbatasan dana maka rencana penjualan usaha dalam 1 bulan pertama direncanakan sebagai berikut:

Produksi :

No

Uraian

Jumlah

Produksi (Unit/Potong)

Harga Satuan

(Rp)

Jumlah Produksi (Rp)

1

Bulan Februari

1000

Rp. 1000

Rp. 1.000.000

2

Bulan Maret

1100

Rp. 1000

Rp. 1.100.000

3

Bulan April

1200

Rp. 1000

Rp. 1.200.000

4

Bulan Mei

1300

Rp. 1000

Rp. 1.300.000

5

Bulan Juni

1400

Rp. 1000

Rp. 1.400.000

                                           Jumlah                                               

Jumlah

6000

 

 

 

Penjualan

No

Uraian

Jumlah

Produksi (Unit)

Harga Jual

(Rp)

Jumlah Penjualan (Rp)

Laba (Rp)

1

Bulan 1

1000

Rp. 2.000

Rp.  2.000.000

Rp. 1.000.000

2

Bulan 2

1100

Rp. 2.000

Rp.  2.200.000

Rp. 1.100.000

3

Bulan 3

1200

Rp. 2.000

Rp.  2.400.000

Rp. 1.200.000

4

Bulan 4

1300

Rp. 2.000

Rp.  2.600.000

Rp. 1.300.000

5

Bulan 5

1400

Rp. 2.000

Rp. 2.800.000

Rp. 1.400.000

 

Total

6000

 

 

 

 

 

CASH FLOW

Uraian

Bulan

Jumlah

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

Kas Awal

 

3.000.000

5.000.000

7.400.000

10.200.000

13.400.000

 

Penerimaan

 

 

 

 

 

 

 

Penyertaan/Iuran

1.000.000

 

 

 

 

 

1.000.000

Pinjaman Bank

6.000.000

 

 

 

 

 

6.000.000

Penjualan Produk

 

8.000.000

8.800.000

9.600.000

10.400.000

11.200.000

48.000.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Penerimaan

7.000.000

11.000.000

13.800.000

17.000.000

20.600.000

24.600.000

55.000.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengeluaran

 

 

 

 

 

 

 

Beli Barang

 

4.000.000

4.400.000

4.800.000

5.200.000

5.600.000

24.000.000

Beli Peralatan

4.000.000

 

 

 

 

 

 

Upah Tenaga Kerja

 

1.000.000

1.000.000

1.000.000

1.000.000

1.000.000

5.000.000

Angsuran Bank

 

500.000

500.000

500.000

500.000

500.000

2.500.000

Bunga Bank

 

60.000

60.000

60.000

60.000

60.000

300.000

Transport

 

440.000

440.000

440.000

440.000

440.000

2.200.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Pengeluaran

4.000.000

6.000.000

6.400.000

6.800.000

7.200.000

7.600.000

34.000.000

Saldo Akhir

3.000.000

5.000.000

7.400.000

10.200.000

13.400.000

17.000.000

 

 

LAPORAN RUGI LABA

      PER 31 JANUARI 2016

Uraian

 

Harga Pokok Penjualan

Rp. 24.000.000

Penjualan

Rp. 48.000.000

Laba Kotor

Rp. 24.000.000

 

Beban Usaha

 

Upah Tenaga Kerja

5.000.000

Bunga Bank

300.000

Transport

2.200.000

Jumlah

7.500.000

Laba Bersih

16.500.000

 

NERACA AKHIR

      PER 31 JANUARI 2016

 

 

Aktifa

 

Kewajiban dan Modal

 

Aktiva Lancar

 

Hutang

 

Kas

17.000.000

Hutang Bank

3.500.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Aktiva Tetap

 

Modal Sendiri

 

Peralatan

4.000.000

Penyertaan

1.000.000

 

 

Laba Usaha

16.500.000

 

 

 

 

Jumlah

21.000.000

JUmlah

21.000.000

 

LAPORAN PERUBAHAN MODAL

PER 31 JANUARI  2016

 

Modal Sendiri

1.000.000

Laba Usaha

16.500.000

Modal Sendiri per 31 Juni 2014

17.500.000

 

D. ASPEK PEMASARAN

Dalam pemasaran produk menerapkan strategi yaitu “PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan PLACE

a.       Produk

               Didalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.

b.       Price (Harga)

Harga dalam strategi pemasaran adalah suatu komponen yang sangat relative untuk dilakukan tergantung jenis konsumen yang mana yang akan saya jadikan sasaran

Dalam hal ini saya melihat dan meneliti bahwa kebanyakan pengusaha lainya berlomba-lomba membuat produk donat dengan menawarkan harga yang relative murah,jadi saya mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadikan masyarakat menengah keatas sebagai sasaran pemasaran,masyarakat yang lebih melihat dari segi produk bukan harga yang ditawarkan

                  Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

 

            Bentuk rincian :

      Total penjualan          :  Rp. 48.000.000

      Total produksi           :  Rp. 24.000.000  -

      Laba Kasar                :  Rp. 24.000.000

       Biaya                         :  Rp. 7.500.000  -

       Laba Bersih               :  Rp. 16.500.000

 

Harga beli per@ Rp. 1.000,-

Laba per@ dari bahan Rp. 1000,-

Sehingga saya memutuskan untuk menentukan harga jual produk saya sebesar

Harga Jual : Rp. 2000,-

c.       Promosi

                Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung – warung, dan iklan,saya menggunakan beberapa cara promosi yaitu ;

1.      face to face

2.      melalui media social seperti facebook dan twitter

3.      mount to mount atau dari mulut kemulut

4.      menggunakan situs jual beli online

5.      berkerja sama dengan pemilik market atau took khusus penjual donat ( relasi/rekan kerja

d.      Place

                Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1.       Distribusi secara langsung

                                                     2.       Distribusi secara tidak langsung

         Mengenai hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh masyarakat

 

 

                                                                   


BAB III

PENUTUP

 

Dan fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan.

Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, saya memperkirakan akan memperoleh keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal ini.

Usaha saya bergerak dalam bidang produksi DONAT tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha saya yang mulai dibentuk pada bulan Januari 2016.

Dalam pembuatan sampai penjualan DONAT yang merupakan produksi warga yang beralamat di KP.Bakung RT.12/03. Usaha yang saya jalankan merupakan usaha kecil yang mendapat modal dari saya pribadi.

 

Komentar